~ SELAMAT DATANG DI DESA INDRASARI ~ BERSAMA WUJUDKAN " INDRASARI SMART"

Artikel

Upaya Desa Indrasari Wujudkan Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri

02 Desember 2021 04:24:54  Operator Desa  53 Kali Dibaca  Berita Desa

Upaya Desa Indrasari Wujudkan Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri

 

Saat ini, sampah bukan hanya menjadi problema kawasan perkotaan, namun juga dihadapi kawasan perdesaan. Ada yang membuangnya ke sungai, atau ke tanah kosong di sekitar desa, sebagian lagi dibakar, semua mengakibatkan pencemaran lingkungan dan polusi udara. Hal ini juga menjadi persoalan yang dihadapi Desa Indrasari beberapa tahun yang lalu.

Sekitar dua tahun yang lalu, telah dibentuk Tempat Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPS3R). Sampah yang dikumpulkan dari rumah-rumah atau dibuang langsung ke sana rata-rata setengah ton atau 15 ton per bulan. Setiap rumah tangga dikenakan iuran Rp 10.000,- per bulan. Total yang dilayani berjumlah 800 KK.

Nama inovasi : Pengelolaan dan pemilahan sampah
Pengelola : BUMDes KSM Mulia Sari
Alamat : Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel)
Contact person : Sutiyah,SPd (Sekretaris Desa/Seksi Edukasi dan Pemberdayaan BUMDes TPS3R KSM Mulia Sari)
Telepon/HP/email : +62 857 5151 3941

Sampah yang terkumpul di TPS, kemudian dipilah ke dalam beberapa kelompok. Kelompok botol dan gelas kaca, botol plastic, kaleng dan logam, dan kardus bisa dijual kembali. Hasilnya digunakan untuk menambah bonus ibu-ibu yang bekerja memilah sampah. Rata-rata mereka mereka memperoleh penghasilan Rp 900 ribu per bulan dari pekerjaan ini. Selain honor tetap Rp 500 ribu, ada bonus sekitar Rp 400 ribu.

Khusus sampah organic, setelah diolah menjadi kompos, digunakan untuk pupuk tanaman yang ada di kebun belakang TPS. Diluar itu ada sampah campuran yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Jumlahnya sekitar 1 ton atau 3 �ri total sampah yang masuk TPS. Kelompok terakhir inilah yang pembuangan atau pemusnahannya difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Pada awal berdiri, TPS3R ini dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mulia Sari. Setelah berdiri Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menjadi unit usaha dari BUMDes. Desa telah memberikan dukungan pembiayaan sebesar Rp 80 juta pada 2018 untuk program ini, antara lain digunakan untuk membeli operasional pengangkut sampah. Unit usaha BUMDes lainnya adalah pengelolaan sewa tenda untuk warga yang membutuhkannya.

BUMDes TPS3R KSM Mulai Sari ini diketuai oleh M. Syuhada,SPt,MSi dengan sekretaris Suherman dan bendahara Gazali Rachman,SPd. Pengurus lainnya Seksi Pengangkutan Sirojuddin, Seksi Pemilahan Siti Hasnah, Seksi Pengomposan Sutan Ula, Seksi Budidaya Tanaman Noorsasi M, dan Seksi Pemasaran Teguh Setiawan. Selain itu, ada Seksi Edukasi dan Pemberdayaan yang dijabat oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Indrasari.Sutiyah,SPd.

Visinya adalah mewujudkan lingkungan pemukiman yang bersih, sehat dan asri. Sedangkan misinya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengolahan sampah, meningkatkan pelayanan terhadap mitra/pelanggan TPS3R, menciptakan lingkungan pemukiman yang asri dan mengembangkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sampah.

Karyawan yang bekerja di TPS3R sebanyak 10 orang. Selain 4 orang ibu yang bekerja memilah sampah, ada 2 orang petugas yang mengumpulkan sampah dari rumah-rumah, 2 orang yang jaga gudang secara bergantian serta masing-masing satu orang tenaga administrasi dan staf yang menagih iuran.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur DESA

Back Next

Sinergi Program

SMART KAMPUNG MANIS

Statistik Penduduk

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:53
    Kemarin:84
    Total Pengunjung:63.612
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:103.136.182.124
    Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor DESA


Kantor Desa
Alamat : Jl. Stadion Demang Lehman RT12 Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kodepos 70619
DESA : INDRA SARI
Kecamatan : Martapura
Kabupaten : Banjar
Kodepos : 70619
Telepon : 087813641011
Email : indrasari.desa@yahoo.co.id

Indrasari Channel

Informasi Layanan Mandiri

UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MANDIRI SECARA ONLINE SILAHKAN KLIK MENU: (LAYANAN MANDIRI PADA APLIKASI SMART KAMPUNG MANIS DI BAWAH INI) DAN UNTUK MENDAPATKAN " PIN " SILAHKAN DATANG KE KANTOR DESA ATAU MENGHUBUNGI OPERATOR

silahkan scan barcode di bawah ini untuk layanan mandiri